Merencanakan Taman dengan Panca Indra

Idealnya suatu keindahan memang harus dirasakan atau dinikmati oleh seluruh panca indra. Pertama, oleh indra mata, taman harus terlihat tertata apik, tidak ada satupun elemen taman yang tersembunyi atau disembunyikan semuanya tampil berguna, dari dominasi tanaman yang fokus sampai dengan tanaman latar depan atau latar belakang yang semuanya saling menunjang keharmonisan dan keseimbangan.

Kedua, oleh indra telinga. Kalau mata sudah melihat keindahan taman, tentu peran telinga kalau bisa melengkapi, misal dengan memasang pancuran bambu yang airnya jatuh kegentong. atau kita membuat air terjun mini dengan reliep atau tekstur batu alam yang menguatkannya. Telinga mendengar gemiricik air yang membuat sensasi kita ada dipegunungan dengan suara air terjun yang gemuruh, atau suara kicau burung atau kokok ayam pelung menjadi teman yang harmonis buat indra mata.

Ketiga, oleh indra peraba, dapat dari elemen soft scape atau tanaman sendiri, misal saat kita menginjak rumput dari kehalusan rumput gajah mini atau kekasaran rumput peking atau golf, yang masing-masing memiliki daya tarik masing-masing. Elemen hard scape juga bisa membentuk rasa tersebut seperti batu alam atau batu tabur yang berserakan yang bisa kita buat untuk refleksi kaki kaki kita.

Keempat, dari hidung. Ada taman bila kita didalamnya merasakan suatu terapi psikologis yang memberikan efek kenyamanan.

Bisa kita peroleh dari harumnya tanaman semak seperti melati, mawar, pecah piring, atau tanaman besar seperi Kamboja cendana, Kemuning, atau tanaman rambat seperti Melati Belanda. Perasaan tenang menjadi lebih fugsional untuk mengatasi hiruk pikuk kehidupan kota-kota besar.

Kelima, oleh indra mulut, bila kita melengkapi dengan tanaman buah, atau apotik atau warung hidup mengapa tidak bisa.

Bukannya yang ideal taman kita ciptakan buat sebesar-besarnya manpaat buat penghuni dan lingkungan sekitarnya, sekecil apapun baru hasilnya tetapi tetap membanggakan dengan mengatakannya dari kebun kita sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *