Mengintip Pesona Anggrek Bulan

Tahukah Anda bahwa anggrek bulan merupakan salah satu tanaman hias asli Indonesia?  Wajar saja bila tanaman cantik ini banyak dikoleksi oleh para penggemar tanaman hias.

Anggrek bulan (phalaenopsis amabilis) merupakan jenis anggrek (orchidaceae) yang mempunyai ciri khas kelopak bunga yang lebar dan berwarna putih. Meskipun saat ini sudah banyak anggrek bulan hasil persilangan (anggrek bulan hibrida) yang memiliki corak dan warna beragam jenis.

Bunga ini pertama kali ditemukan oleh seorang ahli botani Belanda, Dr. C.L. Blume. Saat ini, tanaman anggrek ini tersebar luas mulai dari Malaysia, Indonesia, Filipina, Papua, hingga ke Australia.

Di Indonesia sendiri, anggrek bulan pertama kali ditemukan di Maluku. Anggrek bulan memiliki beberapa nama daerah seperti anggrek wulan (Jawa dan Bali), anggrek terbang (Maluku), dan anggrek menur (Jawa).

Lantaran keindahannya itu wajar jika kemudian anggrek bulan ditetapkan sebagai puspa pesona, satu diantara 3 bunga nasional Indonesia. Anggrek bulan ditetapkan sebagai puspa pesona mendampingi melati (puspa bangsa) dan padma raksasa (puspa langka) berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 1993.

ANDA BISA MEMILIKI DAN MERASAKAN KEINDAHAN ANGGREK BULAN MELALUI BURSA BUNGA DI KAMPUNGTAMAN.COM DENGAN HARGA MULAI RP 60.000,-/POT.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *